Memuat...
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA SAHABAT BLOGGER

7.16.2011

Konsep Desain Modern Tropis

. 7.16.2011

Rumah sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia pada saat ini, yang dapat berfungsi sebagai tempat berlindung, beristirahat, beraktivitas, dan kegiatan lainnya. Rumah yang baik adalah rumah yang dapat memberikan rasa nyaman, aman, dan juga bisa merupakan ekspresi jiwa dari sang penghuni.
Rumah sebaiknya didesain secara berkesinambungan antara manusia, arsitektur, dan alam sekitarnya. Untuk itu kita memerlukan sebuah konsep yang tepat dalam merancang rumah. Konsep desain rumah atau hunian yang baik adalah konsep yang selalu memperhatikan kondisi dan situasi dimana rumah tersebut akan dibangun. Konsep desain berpengaruh dalam membuat fasade bangunan, pengaturan tata ruang sampai pembuatan lansekap. Salah satu konsep desain yang cocok untuk iklim di Indonesia adalah konsep desain rumah tropis. Konsep tropis tidak selalu lahir dari konsep dasar kesederhanaan, rumah tropis tidak harus berwujud seperti rumah – rumah tradisional yang tersebar di penjuru Nusantara. Kita bisa memadukan konsep tropis ini dengan konsep desain modern yang sekarang banyak disenangi oleh masyarakat, apabila kita menyatukannya dengan baik, maka dapat membuat hunian kita selaras dengan alam, terlihat modern namun tetap memiliki aspek natural dan sesuai dengan perkembangan jaman
Desain modern tropis mampu menyesuaikan dirinya pada bentuk – bentuk alam yang terdapat di sekitarnya, hal ini akan memberikan sebuah potensi alami yang akan direspon oleh desain. Bentuk rumah yang jujur tanpa ornamen, ekspos batu alam, dinding yang dibiarkan tanpa dicat, struktur bangunan ditonjolkan secara arsitektural, adalah beberapa contoh yang bisa kita ambil dari arsitektur modern yang berkembang di saat ini.
Selain itu konsep desain modern tropis yang baik selalu memperhatikan unsur kenyamanan penghuni rumah. Kenyamanan, privasi, dan pemandangan yang menarik, menjadi dasar utama rancangan desain rumah. Tentu saja kita menginginkan rumah yang mampu memberikan rasa comfortable, safety, dan restful. Kenyamanan ini pada umumnya meliputi unsur sirkulasi penghuni, udara, cahaya, dan visual serta penggunaan bahan material yang baik. Hal ini dapat kita ciptakan dimanapun lokasi rumah berada. Berikut ini kami coba untuk mengulasnya lebih lanjut.

KENYAMANAN SIRKULASI PENGHUNI
Perencanaan dan perancangan akses haruslah memudahkan penghuni untuk beraktivitas di dalam rumah tersebut, dengan cara melakukan analisa aktivitas apa saja yang biasa penghuni rumah lakukan, dan siapa saja yang beraktivitas di dalamnya. Penggolongan sifat ruang semi publik dan privat harus ditentukan terlebih dahulu. Penyesuaian pada tapak juga dapat menentukan orientasi penempatan ruang – ruang. Hal ini nantinya akan menentukan hubungan antar ruang agar tercipta jalur sirkulasi yang tepat

KENYAMANAN SIRKULASI UDARA, CAHAYA DAN VISUAL
Mengenai sirkulasi udara dan cahaya, kita dapat memanfaatkan kondisi iklim di Indonesia yang sangat mendukung untuk penggunaan energi alami, sehingga kita dapat menekan penggunaan energi listrik. Sebagai gambarannya kita tidak perlu menyalakan lampu ataupun AC di siang hari, karena kebutuhan pencahayaan dan penghawaan telah dipenuhi oleh energi alam. Hal ini didukung oleh penempatan pintu dan jendela maupun lubang angin yang ditentukan melalui analisa tapak, supaya rumah tersebut mendapat sumber pencahayaan dan penghawaan alami yang optimal
Pada rumah modern tropis, pada umumnya selain memiliki teras yang lebar, juga terdapat bukaan jendela besar, yang tidak hanya berfungsi sebagai jalan masuknya cahaya dan udara, namun juga dapat memasukan view  pemandangan sekitar atau lansekap yang diolah secara maksimal ke dalam setiap ruangan, sehingga akan tercipta interaksi yang harmonis antara ruang dalam dan ruang luar. Suasana di luar bangunan didesain secara maksimal supaya menunjang interior di dalamnya. Misalnya kita bisa menambahkan kolam air untuk membuat lebih sejuk, pemilihan tanaman tropis seperti pisang – pisangan, kroto, tricolor, kamboja yang banyak di sekitar kita, pemakaian batu alam atau kayu sebagai aksen di dinding dan jalan setapak Maka dari itu desain perencanaan dan perancangan bangunan hendaknya dapat menyesuaikan diri dan memanfaatkan potensi lahan di lokasi.

PENGGUNAAN MATERIAL
Di dalam konsep modern tropis, kita dapat bermain – main dengan material, baik itu material alami atau buatan. Penerapan material ini harus memperhatikan estetika bangunan itu sendiri dan tepat guna.Dengan memilih material alami, seperti batu alam, kayu, bambu, pasir, rotan dan lain – lain yang dipadukan dengan material buatan seperti kaca, alluminium, ataupun yang lainnya, sehingga bangunan akan terasa lebih bersahabat dengan alam tropis namun terkesan kontemporer sesuai dengan jaman sekarang. Pemilihan material pun dapat menunjang konsep hemat energi yang selaras dengan konsep modern tropis tersebut, tentunya dengan aplikasi yang sesuai dengan kaedah – kaedah arsitektural. Contohnya pemakaian dinding batu bata mampu mereduksi hawa panas sebesar 20%, sehingga interior terasa lebih sejuk. Material kayu akan membuat kesan hangat. Warna dari material ini bisa kita gunakan sebagai aksen warna terhadap warna dinding rumah.
Dapat disimpulkan setidak – tidaknya kita akan mendapatkan sebuah hunian yang mempunyai konsep desain rumah tropis bergaya modern, baik itu diterapkan pada bangunan dan lansekap maupun interiornya. Sebuah hunian modern tropis yang mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penghuni serta sesuai dengan kondisi alam sekitarnya.

sumber : www.article.rumahtropika.com